It's Me

Name: Maryulis Max
Home: Padang, Sumatera Barat, Indonesia
About Me: Saya mencoba untuk menuliskan apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Insya Allah bermanfaat bagi kemanusiaan...
See my curiculum vitae
Komunitas Kampuang

Photobucket - Video and Image Hosting

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Ketik: sumbar dan kirim ke 7505, dari semua operator cellular di Indonesia. Dengan begini anda sudah menyumbang sebesar Rp. 6000.

Jejak Blogger

Free Web Counter

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Penghargaan

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Pernah Sato Sakaki

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Lomba Hut ke-3 Blogfam

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 

61

Peserta Lomba Hari Kartini 2006

MyBlogLOG


Komen Terbaru


Banner Ambo

Maryulis Max Blog

 


17 May 2006
Gempa Besar Hoyak Nias, Warga Padang Panik
Photobucket - Video and Image Hosting

GEMPA berkekuatan 6,2 SR kembali mengguncang Pulau Nias. Gempa cukup besar itu, guncangannya juga dirasakan di Kota Padang dan sejumlah kota lainnya di Sumbar. Getaran yang berlangsung sekitar beberapa menit tersebut, membuat warga yang sebagian besar sudah lelap tertidur, terpaksa berlari ke luar rumah guna menghindari kemungkinan terburuk. Terlebih lagi bagi mereka yang berada di bangunan tinggi.


Dari data website resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), disebutkan gempa terjadi pada pukul 22.28'.22'' WIB di latitude 0.11' dan longitude 96.92'. Episentrum gempa berada di laut 109 km barat daya Teluk Dalam, Nias di kedalaman 33 km.

Data yang dirilis USGS (United State Geological Survey/ BMG-nya Amerika Serikat) di website resminya, justru berbeda. Disebutkan, gempa ini berkekuatan 6,8 SR yang berpusat di 0.074 LU dan 97,012 BT dengan kedalaman 1,9 km (1,2 mil) di Pulau Nias yang berjarak 270 km dari Sibolga atau 390 km dari Kota Padang. Oleh USGS gempa ini dikategorikan
strong (kuat).

Sementara data yang disebutkan operator Dinas Kesejahteraan Sosial, Penanggulangan Bencana dan Banjir Kota Padang, Hidayat menyebutkan gempa ini berkekuatan 7,1 SR yang berpusat di antara Nias dan Mentawai. Data itu, katanya, berasal dari laporan BMG yang didapatnya. Sedangkan BMG Padang Panjang yang berkali-kali dihubungi di telepon 0752-82554 tak bisa dikontak karena sibuk melayani telepon yang masuk dari warga Sumbar.

Ketika gempa terjadi, sejumlah warga menduga gempa ini berasal dari aktivitas dari Gunung Talang yang saat ini "berulah". Namun dugaan itu akhirnya patah seiring dirilisnya data gempa terbaru di website resmi BMG RI dihttp://gis.bmg.go.id.

Sampai berita ini diturunkan, belum didapat informasi kerusakan dan korban jiwa di Nias maupun di wilayah Sumbar sendiri. (max)


Up Date: BMG merilis data terbaru pada 17 Mei 2006 melalui web resminya, bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 22.28'.26'' WIB di latitude 0.1 dan longitude 97.06. Episentrum gempa berada di laut 109 km barat daya Teluk Dalam, Nias di kedalaman 16 km dengan kekuatan 6,4 SR. Gempa susulan berkekuatan 5,4 SR terjadi lagi pukul 23.19'.37'' di latitude 0.12 dan longitude 97.14 di laut 160 km barat daya Gunung Sitoli di kedalaman 33 km.

posted by Maryulis Max @ 10:01 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Blog Valdisya
Photobucket - Video and Image Hosting

Singgah ke My Baby Blog Klik disini Ngeliat Foto Disya Klik Ini

Tulisan Sebelumnya
Brankas Arsip
Singkap Blog
Mitra Blog

Free Blogger Templates

BLOGGER

BlogFam Community

Free Shoutbox Technology Pioneer

Photobucket

Image hosting by Photobucket

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Linda

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Photobucket

AddThis Social Bookmark Button

Sedang Dibaca

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Lihat koleksi buku saya disini

Asal Pengunjung

Copyright © Kumpulan Tulisan & Pemikiran | Editor - Maryulis Max | Disain : Yonaldi